Dalam postingan ini saya akan menganalisis salah satu Supermarket yang sudah tidak asing lagi, yaitu Carrefour.
1. Product (Produk)
Produk merupakan elemen penting dalam sebuah program pemasaran. Strategi produk dapat mempengaruhi strategi pemasaran lainnya. Pembelian sebuah produk bukan hanya sekedar untuk memiliki produk tersebut tetapi juga untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen.
> Carrefour menjual berbagai macam produk untuk kebutuhan sehari-hari. Mulai dari makanan, minuman, fashion, elektronik, alat rumah tangga, dll, Produk di Carrefour memiliki kualitas yang tetap terjaga.
2. Price (Harga)
Penetapan harga merupakan suatu hal penting . Perusahaan akan melakukan hal ini dengan penuh pertimbangan karena penetapan harga akan dapat mempengaruhi pendapatan total dan biaya. Harga merupakan faktor utama penentu posisi dan harus diputuskan sesuai dengan pasar sasaran, bauran ragam produk, dan pelayanan, serta persaingan.
> Carrefour menawarkan beragam harga untuk tiap produknya. Harga tersebut tentu sudah disesuaikan dan dapat bersaing dipasaran.
3. Place (Lokasi)
Tempat atau lokasi yang strategis akan menjadi salah satu keuntungan bagi perusahaan karena mudah terjangkau oleh konsumen, namun sekaligus juga menjadikan biaya rental atau investasi tempat menjadi semakin mahal. Tingginya biaya lokasi tersebut dapat terkompensasi dengan reducing biaya marketing, sebaliknya lokasi yang kurang strategis akan membutuhkan biaya marketing lebih mahal untuk menarik konsumen agar berkunjung. Dekorasi dan desain sering menjadi daya tarik tersendiri bagi para target konsumen. Kondisi bangunan juga menjadi persyaratan yang memberikan kenyamanan.
> Carrefour tersebar di beberapa kota besar di Indonesia. Lokasinya strategis berada di keramaian. Carrefour juga berusaha memberikan kenyaman kepada para konsumennya, dengan tempat yang nyaman dan bersih.
Promosi merupakan suatu aktivitas dan materi yang dalam aplikasinya menggunakan teknik, dibawah pengendalian penjual/produsen, yang dapat mengkomunikasikan informasi persuasif yang menarik tentang produk yang ditawarkan oleh penjual/produsen, baik secara langsung maupun melalui pihak yang dapat mempengaruhi pembelian
>Carrefour berusa menarik pengunjungnya dengan memberikan brosur, iklan, dan selalu memberikan potongan harga tiap harinya.
5. People (Orang)
Merupakan aset utama dalam industri jasa, terlebih lagi people yang merupakan karyawan dengan performance tinggi. Kebutuhan konsumen terhadap karyawan berkinerja tinggi akan menyebabkan konsumen puas dan loyal.
> Di Carrefour terdapat Para karyawan, Kasir, Manajer, dan Keamanan.
Sumber : Marketing 7P
Tidak ada komentar:
Posting Komentar